Tempat Penukaran Uang Di Sekitar Perbatasan RI-PNG

KOTA JAYAPURA–Gubernur Papua, Lukas Enembe, mendukung keberadaan money changer (tempat penukaran mata uang asing) di wilayah perbatasan RI-PNG. Hal ini dikemukakan Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzanna Wanggai, beberapa waktu lalu.

“Kita telah sampaikan, dan gubernur dan mendukung rencana itu. Kehadiran tempat penukaran uang di wilayah perbatasan RI-PNG akan sangat membantu dan mencegah penukaran uang secara ilegal,” ujar Suzanna.

Transaki jual-beli mata uang rupiah dan mata uang Kina di perbatasan tidak teratur, sehingga penentuan nilai tukarnya dilakukan sesuka hati oleh para pedagang di daerah perbatasan RI-PNG.

“Aktivitas ekonomi di wilayah perbatasan kian meningkat tajam, karena masyarakat PNG yang dekat dengan perbatan RI selalu datang untuk membeli kebutuhan pokok di perbatsan,” ungkap Suzanna.

Kini transaksi jual-beli rupiah dan kina sangat tidak terkontrol di wilayah perbatsan, sehingga kehadiran money changer di perbatasan dapat membuat transaksi jual-beli terkendali.

Ditulis oleh Gusman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *