Bencana Alam Menerpa Wilayah Yalimo

Bencana alam menerpa beberapa wilayah di Kabupaten Yalimo pada Mei 2019 lalu. Pemerintah dan masyarakat bergandengan tangan menyalurkan bantuan ke wilayah-wilayah terdampak bencana.

pemberian bantuan bagi korban bencana

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Yalimo menyerahkan bantuan berupa bahan makanan, minuman, peralatan masak, pakaian dan juga peralatan untuk berkebun di beberapa kampung yang mengalami musibah tanah longsor, pada bulan Mei 2019 lalu.

Kampung-kampung yang terdampak bencana tanah longsor yang menerima bantuan diantaranya, Kampung Jeruk, Kampung Filiyahik, Kampung Tanggumsili Distrik Apahapsili Kabupaten Yalimo.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Yalimo, Petrus Faluk, dan diterima langsung oleh para kepala kampung terdampak bencana tanah longsor pada Rabu, 15 Mei lalu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Yalimo menyerahkan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana di Eleli

Petrus Faluk, saat menyerahkan bantuan itu mengatakan, bantuan itu diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Yalimo melalui BPBD Yalimo. Dan BPBD  akan terus memantau langsung kondisi yang dialami oleh masyarakat Yalimo yang terdampak bencana tanah longsor di kampung maupun di distrik. Seperti, bencana tanah longsor atau sejenisnya.

“Sehingga pada kesempatan ini, saya sampaikan kepada masyarakat bahwa apa yang kami  serahkan pada hari ini jangan dilihat dari bentuk atupun nilainya.  Tetapi bagaimana bantuan tersebut dapat meringankan beban bapak dan ibu yang mengalami musibah tanah longsor. Karena, sesuai dengan aturan yang ada, kami akan menyerahkan bantuan dalam bentuk barang. Bantuan tidak diberikan  dalam bentuk uang tunai. Oleh karena itu, apa yang kami serahkan hari ini, saya harap semua dapat menerima dengan baik dan tentu dengan hati yang senang”, ujar Kepala BPBD Kabupaten Yalimo, Petrus Faluk.

Petrus menambahkan bahwa, musim sekarang sudah mulai hujan. Karena itu, masyarakat diingatkan agar dapat menjauhi hal-hal yang akan terjadi. Kalau perlu dapat menjahui lokasi-lokasi yang dianggap rawan bencana. “Karena kapan bencana akan datang, kita tidak dapat mengetahuinya. Tetapi bencana bisa datang kapan saja dengan secara spontan”.

Sementara, perwakilan kepala kampung dan perwakilan masyarakat menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Yalimo yang sudah membantu masyarakat dengan bahan makanan, minuman, pakaian dan peralatan untuk berkebun. “Mudah-mudahan bantuan tersebut kami dapat manfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan kami di kampung”, ujar seorang wakil masyarakat salah satu kampung terdampak bencana.

humas & protokol setda yalimo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *