Arus Balik Bisa Tingkatkan Penduduk Jayapura

KOTA JAYAPURA–Pemudik yang balik ke kota Jayapura diprediksi akan membawa sanak saudara atau orang baru yang akan menetap di Kota Jayapura. Para pendatang baru ini rata-rata datang untuk mencari pekerjaan.

Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan melakukan pemeriksaan pada 28 Juli mendatang. Walikota Jayapura Benhur T Mano, selepas hari raya jumlah migran bertambah sehingga memerlukan antisipasi. Siapa pun yang datang harus melapor disertai identitas diri serta surat keterangan kelakuan baik dari daerah asal.

“Warga Kota Jayapura yang pulang mudik pasti membawa dua sampai tiga orang saudara. Harus melapor pada RT/RW terdekat, datang ke sini untuk apa, kapan akan pulang, apakah berlibur atau mencari pekerjaan atau menetap,” kata Mano.

Ia menyayangkan, banyak orang ke kota ini tanpa keahlian khusus, akibatnya semakin meningkatkan penggangguran.“Banyak yang masuk tidak mempunyai keahlian khusus untuk bekerja, kami akan melakukan pemeriksaan dalam waktu dekat di beberapa tempat di Kota Jayapura untuk mencegah arus balik yang ke kota Jayapura. Jangan sampai bertambah penggangguran dan masyarakat Kota Jayapura ini bertambah dan tidak punya pekerjaan yang jelas,” ujarnya.

Semakin banyaknya warga tanpa ketrampilan dikhawatirkan akan memicu angka kriminalitas di Kota Jayapura. Sementara jumlah penduduk Kota Jayapura, sekitar 500 ribu jiwa.

Jumat, 24 Juli 2015 01:52
Ditulis oleh Gusman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *