Adat Membangun dari Kampung

Deklarasi Kebangkitan Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura telah memasuki tahun kelima pada 24 Oktober 2018 lalu. Perayaan ulang tahun kelima itu dirayakan di Lapangan Mandala Lembah Grime pusat kota Distrik Nimboran, dengan tema ‘Adat Kuat, Ekonomi Masyarakat Meningkat dan Jayapura Berkualitas’.

Tugu Koperasi Jawa Datum di Lapangan Mandala Nimboran, dibangun untuk mengenang kejayaan Koperasi Jawa Datum yang berjaya di wilayah itu di masa lalu. Koperasi Jawa Datum punya jaringan perdagangan yang sangat luas sampai ke pasar Asia. Punya kapal sendiri yang mengangkut hasil-hasil perkebunan masyarakat Grime sampai ke pasar Asia. Kini Koperasi Jawa Datum hanya menjadi kenangan kejayaan ekonomi masyarakat Lembah Grime di masa lalu yang dikenang dengan mendirikan Tugu Koperasi Jawa Datum di pusat kota Nimboran. Gambar diambil 24 Oktober 2018. Paskal Keagop/tspp.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam sambutan perayaan tahun kelima deklarasi kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura itu mengimbau orang-orang pribumi harus bangkit mengelola tanah dan hutan untuk meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Tidak boleh ada lagi tanah dan hutan dibiarkan merana dan dijual kepada orang lain untuk mengelolanya.  

“Hari ini kita bangkit untuk mengelola tanah dan hutan kita untuk kesejahteraan dan masa depan kita sendiri. Jangan berharap orang lain akan datang membangun masa depan kita”, tegas Bupati Jayapura Mathius Awoitauw di Lapangan Mandala Nimboran, 24 Oktober 2018 lalu.

paskalis keagop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *